oleh

Cegah Corona, Lapas Bungo Terapkan Kunjungan Video Call dan Siapkan Bilik Sterilisasi

BUNGO, delikjambi.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Bungo menutup kunjungan keluarga kepada tahanan.
Sebagai gantinya, lapas menyediakan fasilitas video call.

Penutupan kunjungan tersebut guna mencegah penyebaran virus corona. “Ini memang benar, sesuai edaran dari Dirjen Pas Kemenkumham, untuk sementara waktu kunjungan ditiadakan dan lapas menyediakan perangkat untuk video call kepada Warga Binaan Lapas (WBP). Penerapan ini dilakukan mulai 26 Maret – 7 April 2020,” ungkap Kalapas Klas IIB Muara Bungo Ridha Ansari, Sabtu (28/03/2020).

Menurut dia, meskipun keluarga tahanan tidak bisa berkunjung ke lapas, namun mereka masih bisa tetap berkomunikasi melaluivideo call yang disediakan oleh petugas lapas.

“Kami tetap memberikan hak mereka untuk berkomunikasi dengan keluarganya melalui video call, seriap hari hingga waktu yang telah ditentukan” tutur dia.

Dikatakan Ridha, selain itu layanan Video Call pagi pengunjung, untuk persidangan pihaknya sudah melakukan kordinasi kepada Kejaksaan dan Pengadilan negeri Bungo untuk melakukan sidang di dalam Lapas dengan via teleconfren.

Lebih lanjut Ridha Ansari mengatakan, langkah preventif lainnya dalam upaya untuk menanggulangi penyebaran virus corona di lingkungan Pemasyarakatan. Lapas kelas II B Muara Bungo juga berinovasi membuat bilik sterilisasi sendiri dengan sumber daya yang ada.

“Bilik sedang kita siapkan, hari ini sudah selesai dan bisa digunakan. Nantinya setiap tamu dan petugas sebelum masuk kedalam lapas harus ke bilik sterilisasi dulu,” pungkasnya.

Reporter: Adhe

News Feed