Al Haris Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Radioterapi RSUD Raden Mataher Jambi

ADVETORIAL, JAMBI2624 Dilihat

Jambi, delikjambi.com – Pembangunan Gedung Radio Terapi di RSUD Raden Mattaher Jambi di mulai Jumat, 14 Juli 2023. Pembangunan ini di  mulai dengan peletakan batu pertama di lokasi yang sebelumnya merupakan area parkir RSUD Raden Mataher di Jambi.

Menurut Herlambang, Direktur Utama RSUD Raden Mataher, gedung radio terapi, yang memiliki luas 33 x 34 meter, akan dapat menampung setidaknya 70 pasien.

Herlambang mengatakan, ini adalah yang pertama di Jambi. Di harapkan pasien yang memerlukan layanan ini tidak lagi perlu pergi ke luar kota untuk mendapatkan perawatan medis. Itu cukup di RSUD Raden Mataher.

“Karena ini terminal terakhir dari kanker. Jika pasien sesuai dengan pemeriksaan harus lanjut kemoterapi dan radio terapi, bisa di sini,” katanya.

Herlambang menyatakan bahwa tenaga medis untuk radio terapi sudah siap dan sedang dalam proses pelatihan. Dia mengatakan bahwa dokter sudah ada, tetapi akan ada tim yang menangani pasien itu nanti.

“Bekerja sama juga dengan Perkumpulan Radio Therapy Indonesia,” jelasnya.

SDM di kembangkan juga untuk kemo terapi, pusat jantung, dan stroke selain radio terapi. Selain itu, onkologi terpadu dan neurologi intervensi adalah bagian dari layanan.

Herlambang mengatakan bahwa anggaran untuk bangunan saja adalah Rp 16 miliar, dan itu akan menjadi total Rp 57 miliar jika di gabungkan dengan kebutuhan alat medisnya. Herlambang menyatakan bahwa peralatan yang di gunakan berasal dari Jerman secara khusus.

“Kita pakai alat yang sudah dikonsolidasikan di Kementerian Kesehatan. Insya Allah dalam tahun ini selesai. Lahan parkir, kita pindahkan ke lahan di depan, diseberang jalan,” katanya.