HUKUM DAN KRIMINALINFORMASIPERISTIWATEBO

Pelaku Pencurian Kabel A3C PLN di Tebo Dirungkus Polisi, 6 Orang DPO

Tebo, delikjambi.com – Keresahan pihak PLN UP3 Muara Bungo terkait hilangnya kabel A3C yang berada di wilayah Kabupaten Tebo mulai terkuak. Ini dibuktikan dengan ditangkapnya satu orang pelaku yang diduga bagian dari komplotoan pencuri kabel A3C oleh pihak kepolisian Sektor (Polsek) Tebo Tengah, Kamis (11/04) sekitar pukul 23.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun delikjambi.com, diketahuinya aksi pencurian ini bermula pada 4 April 2019, disaat personul HAR PLN ULP Tebo sedang melakukan perbaikan jaringan eksisting di Desa Sungai Alai, Tebo. Adapun lokasi tersebut berdekatan dengan jaringan yang belum ada tegangannya. Pada saat itulah petugas menemukan kabel A3C dibeberapa gawang jaringan kosong tersebut hilang.

“Benar bang, awalnya kami mendapat informasi dari petugas lapangan, bahwa merekan menemukan 6 gawang jaringan kosong yang berada di Desa Sungai Alai lenyap di gondol pencuri,” ungkap Manager PLN ULP Tebo Al Amin Putera Prarama Ma’ruf.

Tidak sampai disitu, Al Amin mengungkapkan pada 8 April 2019 anggota pelayanan tekhnik yang kebetulan lewat di daerah yang sama menemukan bahwa kebel A3C hilang kembali sebanyak 10 gawang.

“Mendapatkan informasi tersebut, petugas HAR sengaja melakukan inspeksi kelokasi tersebut, pada Kamis (11/4) guna menyelidiki siapa oknum tidak bertanggung jawab yang sengaja mencuri kabel A3C tersebut. Setibanya dilokasi tepatnya didekat rumah makan Ampalu Indah, petugas memergoki 2 orang sedang memanjat tiang untuk mengambil kabel. Kemudian kami langsung menghubungi polsek tebo tengah, namun sebelum anggota Polsek datang pelaku sudah lari,” ujarnya.

Lanjut pria yang biasa di sapa Amin ini mengatakan, dilokasi lain yang berjarak sekitar 1 KM dari tempat kejadian, petugas menemukan sebuah mobil carry pick up bernopol BG 9236 GB yang sengaja parkir dan awalnya dicurigai sebagai kendaraan operasional pelaku pencurian tersebut, setelah didekati ternyata ada sopir yang sedang tidur didalamnya.

“Setelah mendapat keterangan dari pemilik rumah makan dan pengakuan sang sopir, ternyata memang benar itu kendaraan operasional pelaku. Berdasarkan informasi dari pemilik rumah makan tersebut ternyata sudah hampir 2 minggu kebelakang mobil tersebut parkir di rumah makannya, diperkirakan sekitar jam 11 malam dan pulang jam 3 subuh dengan jarak waktu 2 hari sekali,” katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi dari sopir, pelaku yang mengeksekusi dilapangan berjumlah 6 orang. Selanjutnya, kasus ini sedang dalam penyelidikan pihak kepolosian, dan barang bukti mobil carry pick up dan beberapa kabel A3C diamankan di Mapolsek Tebo Tengah.

Terpisah, Manger UP3 Muara Bungo Ridwan Adam saat dikonfirmasi berharap kepada pihak kepolisian agar mengusut tuntas dan menangkap semua pelaku pencurian kabel A3C tersebut.

“Ini kejadian bukan terjadi kali ini saja, sudah berulang kali dengan lokasi yang berbeda. Saya sangat berharap pihak kepolisian bisa mengungkap kasus ini dan menangkap pelakunya, agar tidak terulang kejadian serupa yang sangat merugikan PLN ini,” harapnya.Sementara itu, hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian.

Reporter: Adhe

Facebook Comments
Show More

Related Articles