BUNGOHUKUM DAN KRIMINALINFORMASINASIONALPERISTIWA

PT TKA Rusak Hulu Sungai Batang Tebo

BUNGO, DELIK JAMBI – Hulu sungai Batang Tebo saat ini rusak oleh aktifitas galian C PT Tidar Kerinci Agung (TKA). Meskipun sudah satu tahun, namun aktifitas ilegal ini tak diketahui aparat penegeka hukum dan pemerintah daerah.

Nadar humas PT TKA mengakui pihaknya tidak mengantongi izin galian C. Pihaknya hanya memiliki surat kesepakatan bersama pihak Dusun Rantau Tipu, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang tempat lokasi pengerukan.

“Memang kita tidak punya izin galian C. Kita mengacu pada surat edaran Kementrian ESDM pengambilan batu dan pasir untuk kebutuhan sendiri tidak perlu izin, kecuali untuk komersil ,” ucap Nadar.

Alasan yang diberikan Nadar untuk tidak mengurus izin ini tidaklah tepat, karena surat edaran yang dimaksud hanyalah untuk penggunaan mineral jenis laterit (tanah merah), bukanlah batu dan pasir.

“Terserah kalian mengartikannya. Yang penting alasan kami ada. Kami juga sudah pernah meminta rekomendasi izin ke Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, mereka tidak memberikannya dengan alasan surat edaran ini juga ,” sebutnya.

Terpisah, ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Padams, Aprizal, S.Sos meminta aparat penegak hukum dan pemerintah daerah Kabupaten Bungo untuk menindak lanjuti persoalan ini.

“Akifitas ilegal mereka ini tidak bisa dibiarkan. Sungai kita hancur akibat ulah mereka. Jika tidak ada tanggapan kita akan melakukan aksi. Kalau perlu, semua kendaraan mereka yang keluar masuk melalui wilayah kita akan kita stop ,” ucap Aprizal.

Dikatakannya, perjanjian pihak PT TKA dengan dusun Rantau Tipu tidak bisa dijadikan dasar. Kerena dalam perjanjian tersebut berbunyi pihak PT TKA harus mengurus izin galian C.

“Dalam perjanjian sudah jelas PT TKA harus mengurus izin galian C. Ini izin belum ada, tapi mereka sudah satu tahun merusak hulu sungai kita. Jadi surat perjanjian ini tidak berlaku ,” tutupnya.

(ADE)

Facebook Comments
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles