Jelang Tiga Agenda Besar Nasional, Gubernur Jambi Undang Seluruh Media Dalam Rakor Komunikasi Publik

ADVETORIAL, DAERAH, JAMBI2432 Dilihat

JAMBI, delikjambi.com — Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH menyampaikan, media punya peran besar mengangkat perkembangan pembangunan suatu daerah serta isu-isu yang penting sebagai pendidikan bagi masyarakat. Hal ini disampaikan Gubernur Jambi Al Haris saat menghadiri Rapat Koordinasi Komunikasi Publik Tahun 2023, di Sky cafe Lantai 3, Hotel Wiltop Kota Jambi, Kamis, (13/04/2023).

Adapun Tema dalam acara ini adalah ‘Membangun Pola Kemitraan antara Pemerintah Daerah dan Pers dalam Penyebarluasan Informasi Publik’. “Alhamdulillah sore ini kita bisa hadir bersama-sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kita diskusi bersama koordinasi komunikasi publik. Kemudian silaturahmi antara penyelenggara Pemerintahan Provinsi Jambi, dengan seluruh media. Tadinya ini akan kami lakukan di rumah dinas Gubernur, mohon maaf tempatnya kita alihkan,” kata Gubernur Jambi Al Haris.

Bawa nama Pemerintah Provinsi Jambi, Gubernur Al Haris berterimakasih atas kemitraan yang terbangun antara pemerintah dengan media yang dirasakan cukup baik, meskipun ada beberapa dinamika yang berkemban. “Kemitraan yang terbangun selama ini antara pemerintah dengan media cukup baik sekali, meski ada dinamika berkembang itu hal biasa. Proses pembangunan itu biasa, yang namanya proses pasti ada dinamikanya. Tentu itu semua  ada proses ya, dari arah mana saja, yang pasti teman-teman media sudah memerankan perannya dengan baik sesuai dengan undang-undang,” ucapnya.

Ia (Gubernur-red) sangat memahami bahwa profesi sebagai wartawan banyak suka dukanya, karena mengenali semua kalangan mulai dari masyarakat bawah sampai ke pejabat dan setaranya. “Wartawan itu sebenarnya enak, bisa mengenali semua orang, mulai orang-orang yang paling bawah sampai orang yang paling atas itu ketemu semuanya, bisa dijadikan teman dan mitra kerja.  Dukanya, ada pejabat yang alergi dengan pemberitaan, ada pejabat yang tidak suka ditemui, ada pejabat yang antipatif, yang kurang, yang mungkin melihat media itu sesuatu negatif dan sebagainya. Ada yang mau ketemu, ada yang susah, inilah suka dukanya,” tutur orang nomor satu di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

“Banyak orang sukses dari wartawan, sebelum terjun kedunia lain dulu berkerja dimedia, bertemu orang dengan banyak kehidupan-kehidupan, dari orang yang miskin sampai orang kaya.  Itu semua  menjadi sebuah modal yang paling penting untuk menjadi sukses,” sambung pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Merangin itu.

Gubernur Al Haris juga berharap, hubungan yang selama ini terjalin baik bisa diteruskan di tahun 2023 ini, karena Pemprov telah mengagendakan berapa kegiatan nasional yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi. “Pemprov butuh media. Pertama, dari mulai rapat kerja nasional kepala desa se-Indonesia di Jambi yang insya Allah Juli berlangsung dan biasanya dibuka langsung oleh Presiden. Kedua, ada seleksi STQ Nasional di Jambi yang akan diikuti oleh 38 provinsi dan itu juga adalah internasional, dan ini sangat membutuhkan media untuk mengekspos. Ketiga, ada Rapat Kerja Gubernur se-Indonesia di Jambi yang berlangsung di bulan November atau Desember. Ini juga butuh media sebagai corong mediasi ke masyarakat,” ujarnya.

“Melalui rakor yang terselenggara, selain sebagai ajang silaturahmi dan memperkokoh sinergi dan kolaborasi, juga menjadi upaya untuk membangun dan terus memperkuat kemitraan pemerintah daerah dengan media massa dan pers untuk meningkatkan pelayanan informasi publik yang konstruktif kepada masyarakat yang selanjutnya turut mendorong pembangunan dan kemajuan daerah dan nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Drs. Ariansyah, ME menyampaikan, sesuai dengan undang undang no 23 tahun 2014 tentang pemberitaan daerah, meningkatkan daya saing daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah daerah wajib mengumumkan informasi pelayanan publik sebagaimana dimaksud kepada media yang dapat diakses oleh masyarakat luas.