oleh

Gelar Apel Operasi Ketupat 2021, Sekda Turut Hadir

KualaTungkal, delikjambi.com – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri, Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP. Guntur Saputro,  menggelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2021.

Apel Gelar Pasukan ini, dilaksanakan pada hari Rabu (5/5) di Mako Polres Tanjung Barat. Apel Gelar Pasukan, langsung dipimpin oleh Kapolres. Turut hadir pada acara ini dari TNI, Polri, Polantas, Damkar, Satpol PP, BPBD dan Dinas Kesehatan.Selain itu Sekertaris Daerah, Wakapolres, Ketua DPRD, Kepala Kementrian Agama, Kepala BPBD, Kadis Dishub, serta tamu undangan lainnya juga turut hadir. Operasi ketupat ini dilaksanakan selama 12 hari. Mulai Tanggal enam Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Sebanyak dua ratus orang  personel yang akan diturunkan dalam operasi ini. Masing -masing terdiri dari 99 Anggota Polri , dua puluh orang Anggota TNI, lima belas orang Dinkes, 24 Anggota Satpol PP, lima belas Orang BPBD, empat belas orang Dishub dan sepuluh orang Damkar. Serta disetiap satu (1) posko di sediakan satu (1) ambulans.

Operasi Ketupat kali ini mengangkat tema, “melalui apel gelar masukan,kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait. Dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada pelayanan Idul Fitri 1442 H/2021 M”.

Operasi ini mengedepankan kegiatan pencegahan. Serta didukung diteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri. Tanpa  mengenyampingkan dan  tetap menjalankan protokol kesehatan.  Guna mencegah penyebaran covid 19. Sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam sambutannya,  Kapolres AKBP. Guntur Saputro S,IK, MH didampangi Dandim 0419 Tanjung Jabung,  Letkol Inf Erwan Susanto S. IP. Membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Kapolres mengatakan, apel gelar pasukan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 202.

“Dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri baik pada aspek personil maupun sarana dan prasarana. Serta keterlibatan pasukan dalam apel ini sengaja tidak di buat terlalu besar. Namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi ketupat ini. Sehingga kita dapat menilai kesiap siagaan nya,” ujar kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menyebut ada tiga titik yang akan di lakukan penyekatan. Antaranya Pelabuhan LLASDP, Terminal Pembengis, Jalan Lintas Timur KM 158, Desa Sungai Badar, Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.

“Dalam oprasi tersebut akan dilakukan pemeriksaan. Ataranya Surat Covid-19, ID (KTP), ditanya tujuan dan jika nekat maka akan di lakukan tindakan persuasif oleh petugas di lapangan,” tegas kapolres.

Selain itu,  operasi ketupat juga akan di lakukan dengan patroli dan pengamanan di pusat keramaian. “Seperti  pasar, pusat perbelanjaan dan tempat wisata dengan harapan terhidar dari penularan Covid-19,”pungkasnya.

Reporter: Reza