oleh

Peduli Pendidikan Agama, HAMAS-APRI Bantu Ponpes dan Madin Rp 15 Juta Pertahun

BUNGO, delikjambi.com – Dua figur pemimpin Kabupaten Bungo H Mashuri-H Safrudin Dwi Aprianto(HAMAS-APRI) sangat peduli dengan pendidikan agama. Keduanya juga memiliki visi-misi yang jelas di bidang ini.

Terbukti, setiap tahun Madin se Kabupaten Bungo diberi bantuan sebesar Rp 15 juta. Tak hanya Madin, Pondok Pesantren(Ponpes) di Kabupaten Bungo juga diberi bantuan dana dengan jumlah serupa.

“Setahu saya semua madin dapat Rp15 juta per tahun. Semua pondok pesantren yang terdaftar di Kemenag juga mendapat dana sebesar itu,” kata Taqi Marwah, salah satu Pimpinan Pondok Pesantren(Ponpes) di Kabupaten Bungo ini.

Kemudian, untuk memperkuat nilai-nilai islam di tengah masyarakat sejak beberapa tahun terakhir HAMAS-APRI juga menggagas berjemaah subuh(basuh) keliling. Dan itu sudah berjalan dengan baik. HAMAS-APRI menjadwalkan setiap hari dari satu mesjid ke mesjid lainnya. Dari satu musholla ke Musholla lainnya.

“Sekarang karena Corona saja tidak berjalan,” ucap Taki.

Lebih mengagumkan lagi, katanya keduanya juga memiliki program membangun Rumah Tahfiz di setiap Kecamatan. Sebagai percontohan kata Taqi sudah berjalan di Pasar Muarabungo dan di Kecamatan Bungo Dhani.

“Yang saya tahu pembangunan rumah tahfiz ini bertahap. Sekarang sudah berjalan. Tahap awal sebagai contoh ada di Kecamatan Pasar Muarabungo,” ulas sosok yang juga pernah menjadi anggota DPRD Bungo ini.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Bungo Rosihan Anwar juga menilai, yang dilakukan HAMAS-APRI di bidang pendidikan agama islam empat tahun terakhir sudah luar biasa.

Katanya, selain berhasil menjalankan program Basuh setiap hari, HAMAS-APRI juga memiliki program untuk melahirkan generasi Qur’ani di bumi langkah serentak limbai seayun. Untuk mendukung itu, HAMAS-APRI katanya mentargetkan setiap Kecamatan memiliki rumah tahfiz.

Informasi yang dia dapat kata Rosihan, saat ini Pemkab Bungo sudah membiayai dua rumah Tahfiz. Satu di Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani dan satu lagi di Lorong Bahchan Kecamatan Pasar Muarabungo.

Sementara rumah Tahfiz binaan dan tidak dibiayai Pemkab Bungo sudah berdiri hampir di seluruh Kecamatan.

“Sebagai Ketua Komisi I DPRD Bungo kita sangat mendukung program-program HAMAS-APRI yang pro rakyat. Program keagaman yang bernilai tinggi,” ucap Rosihan.

Reporter: Adhe

News Feed