Bupati Dampingi Gubernur Resmikan Pasar 4-9

ADVETORIAL, MERANGIN572 Dilihat

Bangko, delikjambi.com – Bupati Merangin H Mashuri bersama Ketua DPRD Merangin Herman Effendi dan Kades Koto Baru Ade Sadria, mendampingi Gubernur Jambi H Al Haris, meresmikan Pasar 4-9 Koto Baru Seling Kecamatan Tabir Lintas, Kamis (16/3).

Dikatakan bupati, pasar merupakan pusat transaksi. Segala transaksi perekonomian, peredaran yang ada di pasar. Pasar yang diresmikan Gubernur tersebut jelas bupati, selain pusat transaksi sandang dan pangan, juga pusat kuliner.

‘’Mari kita angkat kearifan kuliner kita, makanan yang biasanya hanya untuk konsumsi keluarga, sekarang coba dipasarkan. Pasar ini sangat penting, guna menumbuh suburkan keperadaan Usaha Makro Kecil Menengah (UMKM),’’ujar Bupati.

Begitu juga dengan berbagai jenis tanaman yang biasanya hanya untuk konsumsi keluarga, sekarang sudah bisa dipasarkan di Pasar 4-9. Untuk itu bupati mengajak masyarakat mengelola lahannya dengan baik, menanami dengan berbagai tanaman.

Bupati  berharap keberadaan Pasar 4-9 Koto Baru Seling itu, dapat cepat memulihkan ekonomi kerakyatan pasca Pandemic Covid-19. Pada kesempatan itu, bupati minta masyarakat untuk terus melestarikan acara bantai adat.

Acara memotong ratusan kerbau atau sapi dalan satu kawasan jelang datangnya bulan suci Ramadhan itu, memang sudah menjadi tradisi masyarakat Tabir secara turun temurun dari dahulu kala.

Terpisah, Gubernur Jambi H Al Haris memuji Kades Koto Rayo yang telah melakukan inovasi pembangunan di desa dengan mendirikan Pasar 4-9, karena keberadaan pasar tersebut sangat penting.

‘’Ini gunanya punya Kades pintar, berbuat untuk kepentingan masyarakat. Jangan Sen desa habis tidak tampak apa yang sudah dibuat.  Mudah-mudahan pasar ini memberi manfaat bagi desa dan masyarakatnya,’’harap Gubernur Jambi.

Gubernur Jambi juga meresmikan acara Bantai Adat, yang digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H. Pasca diresmikan gubernur, Pasar 4-9 tersebut, langsung dibanjiri konsumen yang datang dari berbagai penjuru Tabir.