TP PKK Kecamatan Rimbo Tengah Raih 5 Penghargaan Dalam HKG ke-50 Jambore PKK Kabupaten Bungo

INFORMASI519 Dilihat

BUNGO, delikjambi.com — Tim Penggerak PKK Kecamatan Rimbo Tengah kembali meraih prestasi membanggakan diantaranya Juara 1 IVA TEST, Juara harapan 1 Tertib Administrasi,  Juara harapan 2 dasawisma, Juara 3 Vlog PKK, dan Juara harapan 1 Defile.

Adapun juara tersebut diraih dalam perayaan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (HKG TP PKK) ke-50 Jambore PKK Tahun 2022 sekaligus peringatan Hari Kartini ke-143, Selasa (24/05/2022) bertempat di lapangan Ex. MTQ Kabupaten Bungo.

Ketua TP PKK Kecamatan Rimbo Tengah Rina Kartika menjelaskan, penghargaan yang diraih merupakan kerja keras bersama kader PKK Kelurahan, Desa hingga di tingkat RT dan RW, kami pun terus menggencarkan 10 pokok program-proggram PKK.

“Prestasi yang kita raih berkat kerja keras bersama kader, kita terus konsisten membina kader-kader handal agar masyarakat paham arti pentingnya program PKK,” ungkap Ibu Camat Rimbo Tengah.

PKK merupakan bagian penting dari gerakan Pemberdayaan Masyarakat, lanjut Rina Kartika, mulai dari kesehatan masyarakat, prilaku hidup bersih dan sehat, hingga bagai mana keluarga kuat dalam menghadapi tantangan global.

“PKK sebuah gerakan yang datangnya dari hati, membina mengarahkan akan pentingnya ketahanan keluarga dalam sendi-sendi bermasyarakat,” ungkapnya.

Senada yang disampaikan Ketua TP PKK rimbo tengah, Camat Rimbo Tengah Marwilisman AR mengatakan dihari perayaan HKG PKK Ke-50 Kabupaten Bungo kali ini bukan hanya sekedar seremonial semata, tapi harus menimbulkan gelora yang membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerakannya agar terus dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam upaya untuk mensejahterakan dan memberdayakan keluarga di kabupaten Bungo.

Semangat yang menggelora itu harus dimiliki karena tim penggerak pkk sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. “Alhamdulillah, berkat kerja keras dari kawan kawan, tradisi Juara di Kecamatan Rimbo Tengh masih terjaga sampai saat ini. Diharapkan di usia 50-tahun Pkk bisa terus eksis dalam pelaksanaan pembangunan manusia di indonesia khususnya kaum perempuan di Kabupaten Bungo” ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Bungo Mashuri dalam kata sambutannya menyampaikan kegiatan HKG Jambore PKK ini sebagai sarana menjalin silaturahmi untuk lebih baik kedepannya. Dengan kegiatan ini TP-PKK diharapkan dapat mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang bermitra dengan pemerintah daerah sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan sudah ditetapkan perioritas program pembangunan dan indikator kinerja daerah. 

“Saya berharap untuk menghadapi kontribusi PKK dengan beberapa indikator, diantaranya menurunkan persentase angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Bungo ini, menurunkan referensi gizi buruk ditengah masyarakat, dan Untuk menurunkan persentase penduduk miskin membutuhkan gerak cepat organisasi sosial yang ada di masyarakat, dan lembaga-lembaga juga tokoh masyarakat, tokoh agama mengambil baik peran serta mereka.” Jelas Bupati dalam kata sambutannya, sebelum membuka HKG TP-PKK (24/05/2022).

“Untuk itu, dengan pelaksanaan HKG PKK ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk menjadi pemompa semangat pembaruan. Inovasi harus terus dilakukan agar bisa menyesuaikan dengan persoalan yang berbeda di setiap zaman,” pungkasnya.

(Dhe)