BISNISBUNGOINFORMASIPARIWISATA

Tingkatkan Keandalan Listrik, PLN UP3 Muara Bungo Lakukan Tebang Pohon Dekat Jaringan

BUNGO, DELIKJAMBI.COM – PT. PLN (Persero) S2JB UP3 Muara Bungo melakukan program tebang tuntas pohon diatas jaringan, yang berada di wilayah Unit Layanan Pelanggan (ULP) Bungo dan Rimbo Bujang, Minggu 30 Juni 2019.

Pemberisihan jaringan dengan cara merabas, memotong, menebang pohon yang berada dekat dengan Jaringan, dilakukan oleh sekitar 68 orang personil PLN UP3 Muara Bungo. Kegiatan ini merupakan salah satu solusi untuk menanggulangi gangguan penyulang yang diakibatkan oleh ranting pohon, binatang, komponen JTM, dan peralatan JTM.

Manager Jaringan PLN UP3 Muara Bungo Michael S Siahaan mengatakan tujuan utama dari pemampasan pohon adalah untuk menjaga keamanan pasokan listrik, karena di jaringan listrik tersebut terdapat penyebab terjadinya padam, yang salah satunya disebabkan oleh sentuhan tanaman dan layangan yang tersangkut.

“Posisi aman jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih 3 meter” ungkap Michael, Minggu (30/6).

Dikatakan Michael, kegiatan yang dilakukan di dukung oleh smua petugas YANTEK ULP Kota Bungo, ULP Rimbo Bujang dan ULP Tebo. “Dukungan yang diberikan Sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi mereka terhadap pelayanan PLN kpd mayarakat,” katanya.

Lebih lanjut Michael mengatakan bahwa selama ini memang ada sedikit kendala yakni pemilik pepohonan tersebut yang tidak mengizinkan pihak PLN memampas pepohonan yang menggangu jaringan PLN tersebut. Padahal itu sangat membahayakan bagi pemilik pohon tersebut.

“Untuk kegiatan ini setiap hari kita lakukan karena untuk menjaga kehandalan pasokan listrik serta meningkatkan keamanan masyarakat. Untuk titik-titik pemampasannya sendiri berada di seluruh wilayah PLN UP3 Muara Bungo”, ujar Michael.

“Salah satu pekerjaan kita hari ini melakukan pengencangan andongan atau jaringan yang kendur. Dengan adanya perbaikan tersebut diharapkan tidak ada lagi gangguan konduktornya. Selain itu, penyebab padam tersebut dikarenakan kerangka layang-layang yang menyangkut di jaringan PLN. Petugas kita akan terus mengecek dan membersihkannya setiap hari,” tambah Michael.

Sementara itu, Manajer PLN UP3 Muara Bungo Ridwan Adam menghimbau kepada masyarakat agar tidak bermain layangan di dekat jaringan PLN karena akan mengganggu kehandalan pasokan listrik. “Layangan juga bisa menjadi penghantar listrik karena sering menyangkut di jaringan kami. Ini juga demi keamanan dan keselamatan anak-anak,” ujar Manager PLN UP3 Muara Bungo Ridwan Adam.

Lebih lanjut Ridwan Adam mengatakan bahwa banyak hal yang harus diperbaiki terutama dari sisi peralatan. “Sebenarnya pemadaman tidak diinginkan oleh PLN, namun demi keamanan petugas, PLN terpaksa memadamkan sementara waktu,” pungkasnya.

Reporter: Adhe

Facebook Comments
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles