Spektakuler, Pembukaan FPKD di Merangin

ADVETORIAL, MERANGIN678 Dilihat

MERANGIN, delikjambi.com — Acara pembukaan Festival Pekan Kebudayaan Daerah (FPKD) yang di gelar di halaman depan kantor baru bupati Merangin, berlangsung meriah dan spektakuler, Minggu (17/9).

Tidak hanya Karnaval Kostum, Pameran dan Bazaar, acara yang di hadiri Gubenur Jambi H Al Haris, Sekda Provinsi Jambi H Sudirman, tamu dari Pemerintah Pusat, gubernur. Bupati/walikota se-Sumatera itu, juga menyajikan berbagai kuliner lokal.

‘PKD Kabupaten Merangin 2023 kali ini, mengusung tema ‘Geopark Manifesto Art and Edutainment Festival in Collaboration With Pertikawan Regional Sumatera 2023’,’’ujar Bupati Merangin H Mashuri di benarkan Wabup Nilwan Yahya.

Festival PKD yang juga di hadiri Sekda Merangin Fajarman tersebut lanjut bupati, merupakan wujud nyata dari semangat untuk menggali. Menghargai dan melestarikan kekayaan budaya, seni dan alam yang di miliki oleh Kabupaten Merangin.

Selain itu jelas bupati, kegiatan itu merupakan wadah yang sempurna untuk mengeksplorasi keindahan alam. Mendalaminya melalui seni, serta menggugah semangat kepedulian lingkungan.

‘’Kita wujudkan tiga pilar Geopark yaitu edukasi, konservasi dan pemberdayaan masyarakat. Seiring dengan optimisme dengan di tetapkannya Geopark Merangin Jambi menjadi bagian dari Unesco Global Geopark,’’terang Bupati.

Merangin Unesco Global Geopark meraih penghargaan terbaik di dunia, dalam kategori “best practice award 2023.” Berkaitan dengan penerapan SDG’s yang sangat baik pada masyarakat Desa Rantau Kermas di Marokko beberapa waktu lalu.

Terpisah, Wabup Merangin Nilwan Yahya mengatakan, Festival PKD 2023 akan berlangsung dari 07-22 September 2023. Akan di gelar berbagai lomba kuliner, seni dan budaya, bazar ekraf, pameran geopark-geopark yang ada di Indonesia.

Tidak hanya itu, paling istimewa pada FPKD 2023 adanya kolaborasi dengan Geopark Merangin Jambi dan Pertikawan Regional Sumatera. Juga ada kegiatan Karnaval Kostum dengan tema ‘Geopark’ yang di sponsori oleh Pertikawan. Kostum tersebut di peragakan oleh Bujang Upik Merangin dan anggota Drumb Corp Bahana Masurai.

Selanjutnya juga akan ada Pertikawan Got Talent, yang di isi oleh peserta Pertikawan dari 10 Provinsi se-Sumatera. ‘’Kita juga menyelenggarakan seminar bertaraf internasional dengan tema ‘Promoting the Best Way to Connect People With World’s Heritages of Geodiversity, Biodiversity, and Cultural Diversity to Prompt Sustainability’,’’jelas Wabup.

Seminar Internasional itu menghadirkan narasumber-narasumber hebat. Yang akan memberikan berbagai informasi, dan pengetahuan. Terkait bagaimana upaya mewujudkan lingkungan berkelanjutan, melalui Geopark Merangin Jambi.

‘’Alhamdulillah, di hari-hari terakhir masa periode kami memimpin Kabupaten Merangin. Dapat menyuguhkan event besar ini, yang akan menjadi agenda kebudayaan tahunan Kabupaten Merangin,’’jelas Wabup.