oleh

Safrial Pimpin langsung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke-55

TANJABBAR, delikjambi.com – Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. H. Safrial MS pimpin langsung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke-55 Tahun 2020 yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati. Senin (10/08). Meskipun dilaksanakan dengan singkat dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, upacara tetap berjalan khidmat.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, terlepas dari segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam peringatan ini, sepatutnya tidak sedikitpun menyurutkan motivasi dan semangat untuk terus membangun terus mengisi setiap waktu perjuangan kehidupan daerah dengan karya dan prestasi.

Lebih lanjut Bupati sampaikan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah melaksanakan berbagai upaya diantaranya melalui peningkatan penerimaan dan pembiayaan melalui APBD setiap tahunnya. Disampaikannya bahwa pada tahun 2019 pendapatan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat meningkat 17.9% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 1.64 Triliun Rupiah.

Selain itu, Bupati juga sampaikan terkait angka IPM Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus memperlihatkan kemajuan di tahun 2019, IPM menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 67.13% atau meningkat 0.41 poin dari tahun sebelumnya.

“Sementara pada dimensi umur panjang dan hidup sehat, umur harapan hidup saat lahir berkisar 68.03% tahun meningkat 0.16 poin dari tahun 2018, sementara untuk dimensi pengetahuan, harapan lama sekolah berkisar di 12.61 tahun meningkat 0.1 poin dari tahun 2018. Rata-rata lama sekolah pada tahun 2019 adalah 7.70 tahun meningkat 0.14 poin. Sementara pengeluaran per kapita sebesar 9.5 juta rupiah per tahun juga meningkat sebesar 144 ribu rupiah dari tahun 2018,” tambahnya.

Menurut Bupati, PDRB merupakan indikator yang memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah gimana semakin tinggi PDRB maka dapat dikatakan bahwa pertumbuhan ekonominya juga semakin tinggi titik nilai produk domestik regional bruto (PDRB) merupakan ukuran produktivitas yang mencerminkan seluruh nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu wilayah dalam satu tahun.

Terkait pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), menurut Bupati merupakan salah satu prioritas disamping pembangunan infrastruktur. Disampaikannya, Pemkab Tanjab Barat melalui program beasiswa sejak tahun 2019, telah mengirimkan putra-putri terbaik daerah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, diantaranya Politeknik energi dan mineral Akamigas Cepu pada tahun 2019 sebanyak 17 orang pada tahun 2020 ini sebanyak 35 orang, Institut Pertanian Bogor IPB pada tahun 2019 sebanyak 5 orang pada 2020 sebanyak 5 orang, Universitas Universitas Sahid jakarta tahun 2019 sebanyak 4 orang dan tahun 2020 sebanyak 4 orang, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) tahun 2019 sebanyak 4 orang, Sekolah Tinggi teknologi Dirgantara Yogyakarta pada tahun 2019 sebanyak 11 orang dan tahun 2020 sebanyak 12 orang. Kemudian Sekolah Tinggi Transportasi Darat pada tahun 2018 sebanyak 12 orang tahun 2019 sebanyak 8 orang dan tahun 2020 masih dalam dalam tahap seleksi.

“Selanjutnya pada sektor pariwisata khususnya Wisata Mangrove pangkal babu akan terus kita upayakan penyelesaian Jalan akses menuju destinasi wisata tersebut yaitu melalui peningkatan Jalan Parit 9 dan Parit 7 Desa tunggal satu titik beberapa waktu lalu juga telah ditandatangani kerjasama dengan Universitas Jambi untuk lebih mempercepat pengembangan ECO-EDU wisata Mangrove pangkal babu,” jelas Bupati.

“Hal yang tidak kalah penting adalah penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) terhadap kinerja pengelolaan keuangan kita titik pada tahun 2019 BPK-RI telah memberikan opini “WTP” (Wajar Tanpa Pengecualian). Tentu opini tersebut harus dapat kita pertahankan di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini turut diikuti oleh Wakil Bupati, Pimpinan DPRD, Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah. Sementara ASN lingkup Pemkab Tanjab Barat mengikuti upacara secara virtual di kantor masing-masing.

 

Reporter: Reza

News Feed