Pj. Sekretaris Daerah Tanjab Barat Buka Workshop Kerjasama Luar Negeri

KUALATUNGKAL – Bupati Tanjung Jabung Barat melalui Pj. Sekretaris Daerah H. Dahlan, S.Sos., MM membuka Workshop Kerjasama Luar Negeri. Workshop yang diselenggarakan oleh Bagian Kerjasama Setda tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan tata birokrasi dalam melaksanakan amanat tentang kerjasama daerah yang bermuara pada peningkatan pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Workshop yang digelar di ruang pola kantor Bupati tersebut menghadirkan narasumber dari Jr. Expert PR Setjen Kemendagri, Rico Eric Estrada dan Betharia Raja Guk Guk dari United Cities and Local Government Asia Pacific (UCLG ASPAC).

“Kegiatan Workshop ini bertujuan agar dalam pelaksanaan kerjasama daerah kita tidak menyimpang dari aturan yang telah ditetapkan dan berlaku,” ujar Pj Sekda membacakan sambutan Bupati

Pj. Sekda menyampaikan bahwa sejak tahun 2022, Pemkab Tanjab Barat telah bergabung dengan Asosiasi Pemerintah Daerah se Asia Pasifik yang tergabung dalam UCLG ASPAC.

“Melalui forum Asosiasi tersebut, saya berharap para Kepala OPD dapat mencari dan mengambil event-event yang diselenggarakan oleh pihak UCLG seperti peningkatan promosi daerah, peningkatan kompetensi aparat dan masyarakat, dan peningkatan peluang kerjasama terutama kerjasama luar negeri yang bersifat kerjasama turunan dari Kementerian terkait sesuai tanggung jawab masing-masing OPD,” paparnya.

Lebih lanjut, dirinya menegaskan bahwa kerjasama ini harus memberikan dampak yang nyata bagi pembangunan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Saya inginnya kerjasama ini memberikan dampak pembangunan daerah, bukan hanya bisa jalan-jalan keluar negeri tapi dapat mencari peluang yang bermanfaat untuk kemajuan Tanjung Jabung Barat,” tegasnya.

Pj. Sekda juga mendorong para Kepala OPD untuk terus berinovasi dalam membangun daerah dengan memanfaatkan segala peluang yang ada, termasuk peluang kerjasama luar negeri maupun asosiasi-asosiasi yang telah atau akan diikuti.

“Teruslah berinovasi untuk membangun daerah kita dengan memanfaatkan segala peluang yang ada, termasuk di dalamnya dengan memanfaatkan peluang kerjasama luar negeri maupun asosiasi-asosiasi yang telah atau akan kita ikuti sehingga nama Kabupaten Tanjab Barat semakin terdengar pada skala Nasional, Regional, atau bahkan Internasional,” pungkasnya.

Workshop tersebut diikuti para pejabat Tinggi Pratama, Administrator dan Fungsional lingkup Pemkab Tanjab Barat.