Pj Bupati Apresiasi Pengembangan Karawitan

ADVETORIAL, MERANGIN1156 Dilihat

Bangko, delikjambi.com – Pj Bupati Merangin H Mukti melalui Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Merangin Slamet Sudarsono, sangat mengapresiasi dilakukannya pengembangan Karawitan (Gamelan Jawa) di Kabupaten Merangin.

‘’Alhamdulillah pengembangan seni gamelan Jawa itu sekarang mulai ‘tumbuh subur’ di desa-desa terutama desa-desa eks transmigrasi. Hampir semua desa telah memiliki Grup Musik Karawitan,’’ujar Slamet Sudarsono.

Untuk lebih mendorong pengembangan Musik Karawitan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto memberi bantuan seperangkat alat musik Gamelan Jawa ke Paguyuban Keluarga Jawa Merangin dan sejumlah sanggar seni di Merangin.

Penyerahan seperangkat alat musik Gamelan Jawa itu, dilakukan Edi Purwanto di dampingi Wakil Ketua DPRD Merangin H Zaidan Ismail, di Pendopo PKJM jalan dua jalur belakang SMA Negeri 6 Merangin, Kamis (7/12),

‘’Kami bersama para pimpinan sanggar seni Karawitan di Merangin sangat berterimakasih sekali kepada Pak Edi Purwanto atas bantuan tersebut. Akhirnya gamelan yang kami tunggu-tunggu sudah datang,’’ujar Sekretaris PKJM Kismadi.

Dijelaskan Kismadi, Gamelan Jawa merupakan alat musik berbahan dasar logam kuningan atau perunggu yang berasal dari kebudayaan Jawa. Gamelan ini sekarang mulai diminati kaula muda Merangin.

Mulyono salah seorang pengurus PKJM yang juga Kaban Kesbangpol Merangin menambahkan, gamelan selalu digunakan untuk mengiringi pagelaran wayang kulit, acara pernikahan adat jawa, serta mengisi pagelaran adat Jawa.

Gamelan memiliki berbagai fungsi, salah satunya sebagai media pendidikan bagi masyarakat Jawa. ‘’Pada zaman Walisongo gamelan menjadi media dakwah, melalui pagelaran wayang tak lepas dari iringan musik gamelan,’’terang Mulyono.

Bagi masyarakat Jawa, gamelan memiliki fungsi dengan nilai-nilai sosial dan spiritual. Gamelan dapat mendidik rasa keindahan seseorang. Orang yang biasa berkecimpung di dunia Karawitan, rasa kesetiakawanan, tegur sapa halus, tingkahlaku sopan akan tumbuh dengan sendirinya