Pemkab Merangin Peringati Hari Lahir Pancasila

ADVETORIAL, MERANGIN266 Dilihat

Bangko – Pemerintah Kabupaten Merangin memperingati hari lahir Pancasila tahun 2024. Peringatah hari lahir Pancasila itu difokuskan pada upacara pengibaran Bendera Merah Putih di halaman depan kantor bupati Merangin, Sabtu (01/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj Bupati Merangin H Mukti. Pada pengarahannya H Mukti membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

‘’Saya mengajak komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,’’ujar Pj Bupati.

Sebagai meja statis jelas H Mukti, Pancasila terbukti mampu mempersatukan masyarakat dalam menghadapi berbagai gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai Leitstar dinamis lanjut Pj bupati, Pancasila merupakan Bintang penuntun yang mambawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

‘’Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia,’’tegas Pj Bupati.

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila tutur H Mukti, semua juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia. Upacara pengibaran bendera hari lahir Pancasila di Kabupaten Merangin itu, diikuti barisan dari Apartur Sipil Negara, Tentara Nasioanl Indonesia, Polisi Republik Indonesia, para mahasiswa, para pelajar dan Pramuka.

Tampak hadir unsur Forkopimda Merangin, Ketua TP PKK Merangin Dr Hj Indria Mayesti Mukti, perwakilan organisasi Perempuan, para pejabat eselon II, III dan IV di jajaran Pemkab Merangin dan pejabat vertikal. Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini memang beda dengan sebelumnya, pengibaran Bendera Merah Putih biasanya dilakukan tiga orang dari Paskibraka, tapi untuk tahun ini pengibaran Bendera Merah Putih dikibarkan sebanyak 31 orang anggota Paskibraka Merangin.

‘’Saya sangat bangga atas kemajuan ini. Terimakasih kepada adik-adik pengibar Bendera Merah Putih yang telah melaksanakan tugas dengan begitu semangat dan sukses,’’ucap Pj Bupati.

Usai upacara Pj bupati membagi-bagikan Bendera Merah Putih kepada peserta upacara, yang merupakan program 10 juta Bendera Merah Putih yang dilakukan Badan Kesbangpol Merangin dibawah Kementerian Dalam Negeri.