Merangin Juara Tiga Kinerja PPS se-Provinsi Jambi

ADVETORIAL, MERANGIN549 Dilihat

Bangko – Kabupaten Merangin berhasil meraih juara ketiga se-Provinsi Jambi, pada penilaian kinerja percepatan penurunan Stunting 2023 yang dibuka Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani, di Gedung Bappeda Provinsi Jambi 2023, Kamis (30/5).

Keberhasilan itu dikatakan Pj Bupati Merangin H Mukti, tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Merangin, atas progres yang telah berhasil dikerjakan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Merangin.

‘’Saya sangat mengapresiasi kerja keras TPPS Merangin yang membuahkan hasil ini. Mengingat sebelumnya Merangin sempat mengalami kenaikan revalensi Stunting sebesar 0,4 persen,’’ujar Pj Bupati dibenarkan Kadis PPKB Merangin H Abdaie.

Kenaikan revalensi Stunting itu terang H Mukti terjadi disebabkan karena Merangin memiliki banyak jumlah penduduk, yang tersebar di 24 Kecamatan, 205 desa dan 10 kelurahan. Apalagi wilayah Merangin terluas dibandingkan kabupaten/kota di Jambi. Namun demikian jelas H Mukti, angka keluarga yang terkena resiko Stunting di Merangin mengalami penurunan signifikan. Selain itu dalam penilaian tersebut, tidak semata menitik beratkan pada hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023.

‘’Penilaian yang lebih terpenting yaitu pelaksanaan dari delapan aksi konvergensi itu sendiri. Penilaian itu meliputi hasil review dokumen, inovasi, komitmen pimpinan daerah dan mampu membuktikan datanya pada pameran yang digelar,’’terang H Mukti.

Sebelum meraih juara tiga itu, Pj bupati di depan para finalis dan peserta dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi melakukan paparan inovasi dalam percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Merangin yang digelar di Aula Bappeda Jambi. Dari video yang ditampilkan, sangat jelas terbukti bagaimana TPPS Merangin melakukan kerja kerasnya dalam mempercepat penurunan angka Stunting di Kabupaten Merangin.

Tampak Hadir pada saat Pj bupati melakukan paparan, Kepala Bappeda Merangin Dr Agus, Kadis PPKB Merangin H Abdaie, Kadis Kesehatan Drg Soni, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Slamet Sudarsono, Kadis Kominfo melalui Kabid LKI Teguh. Selain itu juga hadir Kadis Perikanan Irsadi, Kadis Ketahanan Pangan Fauziah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Andre, Kadis Peternakan dan Perkebunan Hendri Widodo dan Kadis Perkim Merangin H Dedi Candra.

*Dhe