oleh

Jaringan Tertimpa Pohon Tumbang, Listrik Kota Muara Bungo Padam

BUNGO, delikjambi.com – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Bungo memutus jaringan listrik PLN di sebagian besar wilayah lingkup Kabupaten Bungo. Ini karena banyak pohon tumbang menimpa kabel jaringan PLN.

Manager PLN UP3 Muara Bungo Ridwan Adam melalui Manager Bagian Michael S Siahaan membenarkan atas kejadian tersebut. Ia mengatakan ada beberapa titik pohon tumbang dan menimpa jaringan PLN, hal ini membuat listrik diwilayah kota Muara Bungo dan sekitarnya mati total.

“Ada di titik lokasi Pal 2 Simpang PU,  ada pohon besar tumbang menimpa jaringan listrik Dan titik lainya di depan pasar atas traditional modern, serta dibeberapa titik lainnya yang saat ini masih dalam penelurusuran ” ungkap Manager Bagian Jaringan Michael,  saat dihubungi melalui telfon. Sabtu (28/03/2020).

Untuk pembenahan jaringan yang terganggu, lanjut Michael, pihaknya langsung menerjunkan tim ke seluruh lokasi. Hingga berita ini diturunkan pembenahan masih berlangsung dengan melibatkan puluhan teknisi dari PLN.

“Sudah dalam perbaikan semuaya, penyulang Opera, linux, Simbian serta beberapa jurusan lainnya mengalami gangguan pasca hujan disertai angin kencang. Saat ini tim PLN Muaro Bungo sedang dalam penelusuran dan pemulihan gangguan,” ucapnya.

“Daerah padam diantaranya, Rantau keloyang, Tanjung Menanti, Babeko, Kayu Batu ,Sungai Alai, Sungai Buluh, dan beberapa titik di Kota Bungo,” tambahnya.

Dikatakan Michael, adapun pohon tumbang yang menimpa jaringan tersebut adalah salah satu titik yang masuk dalam proyeksi penebangan pohon dekat jaringan. Namun, pihaknya terhambat oleh aturan pemerintah yang hanya memperbolehkan melakukan pemangkasan terhadap pohon yang, termasuk taman kota,  walaupun itu berada didekat jaringan PLN.

“Harapan kita,  PLN dengan Pemerintah terus bersinergi dalam menciptakan Bungo terang benderang, tapi, kita berharap Pemerintah juga ikut memperhatikan hal-hal yang menjadi hambatan-hambatan terjadinya gangguan jaringan PLN. Seperti halnya pohon-pohon besar yang berada dekat dan melebih tinggi dari jaringan PLN, agar diperbolehkan ditebang oleh PLN,” harapnya.

“PLN tidak menghambat pemerintah untuk mempercantik Kota, namun sekali lagi kami meminta dan berharap untuk tidak menanam pohon dekat jaringan PLN. Karena prinsip PLN adalah “Diatas Jaringan Hanya Ada Langit”,” pungkasnya.

Reporter: Adhe

News Feed