H Mukti Diberi Gelar Adat Datuk Setio Dirajo

ADVETORIAL, MERANGIN167 Dilihat

Bangko-Penjabat (Pj) Bupati Merangin H Mukti, diberi gelar adat oleh masyarakat Kecamatan Tabir Ulu, Datuk Setio Dirajo. Prosesi gelar adat itu dilakukan pada acara Hari Ulang Tahun Kecamatan Tabir Ulu ke-24, Selasa (21/5).

Pemberian gelar adat yang dihadiri Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani di halaman kantor Camat Tabir Ulu itu, dilakukan Ketua Lembaga Adat Desa Muara Jernih Azhar dan jajarannya.

Sebelumnya masyarakat Tabir Ulu menyambut kedatangan Wakil Gubernur Jambi dan Pj bupati Merangin bersama rombongan dengan atraksi Pencak Silat dan Tarian Sekapur Sirih.

‘’Secara pribadi dan Pemerintah, saya berterimakasih kepada masyarakat Tabir Ulu, para tokoh-tokoh, alim ulama dan cerdik pandai, yang telah memberikan gelar adat kepada saya,’’ujar Pj Bupati.

Diakui H Mukti, pemberian gelar adat tersebut merupakan kali pertama bagi dirinya. ‘’Alhamdulillah yang memberikan gelar adat masyarakat Tabir Ulu pada hari yang sangat berbahagia ini,’’terang H Mukti. Dikatakan Pj bupati, ada dua perasaan dalam dirinya saat menerima gelar adat tersebut, pertama beliau merasa bangga, kedua merasa beban. Sebab menurut H Mukti, karena sudah memegang gelar adat ini harus betul-betul dipahami soal adat itu.

‘’Kalau kita sudah diberi gelar adat, kita harus tinggi adat, oleh karena itu merupakan kehormatan besar bagi saya ke masyarakat Tabir Ulu. Insya Allah ini akan selalu saya kenang. Terimakasih masyarakat Tabir Ulu,’’ucap H Mukti.

Gelar adat ini lanjut Pj bupati, akan melekat selamanya. Gelar yang diberikan meripakan kehormatan masyarakat kepada pemimpin, tidak hanya kepada H Mukti, tapi juga kepada pemimpin-pemimpin yang akan datang. Pemimpin sebagai pembina Lembaga Adat. Terkait HUT Tabir Ulu, Pj bupati menilai Kecamatan Tabir Ulu pada usia ke-24 telah mengalami banyak kemajuan. Hal ini merupakan suatu kebanggaan, tentunya kemajuan, kebersamaan itu, tidak terlepas dari kekompakan masyarakat Tabir Ulu.

‘’Kita semua mengharapkan Tabir Ulu menjadi kecamatan yang maju, masyarakatnya kompak selalu, aman, tentram dan ekonominya meningkat,’’harap H Mukti diamini masyarakat yang hadir.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani pada kesempatan tersebut, mengajak seluruh masyarakat untuk tidak melupakan penggagas, pejuang dan pendiri Kecamatan Tabir Ulu. ‘’Bagi beliau yang masih ada, mari sama-sama kita doa-kan tetap sehat walafiat, tetap lancar dalam urusan dunia dan akhirat, bisa membimbing kita memberi masukan-masukan kita dalam membangun kecamatan yang kita cintai ini,’’ujar H Abdullah Sani.

Jika para penggagas, pejuang dan pendiri Tabir Ulu ini sudah tiada lanjut Wagub, , mudah-mudahan beliau-beliau diampuni Allah SWT dan di tempatkan di tempat yang sebaik-baiknya disisi Allah SWT.

Wagub mengajak masyarakat berdoa untuk berubah keadaan Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi ke keadaan yang lebih baik lagi. Mudah-mudahan dengan doa-doa dan usaha bersama, Tabir Ulu akan semakin berharga.

*Dhe