Gubernur Al Haris Pimpin Apel Pembukaan Raimuna Daerah Pramuka Jambi 2023

ADVETORIAL, JAMBI3714 Dilihat

Muaro Jambi, delikjambi.coom – Gubernur Jambi, Al Haris buka Raimuna Daerah Jambi tahun 2023. Bertempat di Bumi Perkemahan Abduramhan Sayoeti Musa, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, (27/5/2023). Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia di selenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Jambi.

Sementara itu, Gubernur Al Haris yang merupakan Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Provinsi Jambi mengatakan. Jika Pendidikan kepramukaan merupakan jalur pendidikan nonformal yang di perkaya dengan nilai-nilai gerakan pramuka. Dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa pancasila dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

“Pendidikan kepramukaan di laksanakan dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem among. Subjek utama pendidikan kepramukaan adalah anak-anak dan kaum muda sebagai generasi penerus bangsa. Yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dan pembangunan bangsa di masa yang akan datang,” kata Al Haris dalam amanatnya.

“Proses penempaan diri seorang pramuka sejak usia siaga hingga pramuka pandega adalah proses pendidikan sepanjang hayat. Yang berlangsung terus menerus yang menjadikan seorang pramuka sebagai sosok manusia unggul. Dalam sikap, tindakan, etika moral, wawasan kebangsaan, kecakapan dan keterampilan sebagai bekal hidup kedepan,” tambah Al Haris.

Kemudian Al Haris juga menyebutkan Raimuna merupakan sarana atau wadah pertemuan besar bagi pramuka penegak dan pramuka pandega. Yang rutin di selenggarakan setiap lima tahun sekali. Sebagai wadah pertemuan, raimuna hendaknya menjadi media yang baik bagi pramuka penegak dan pandega. Berikutnya Dalam mengembangkan kemampuan diri, sikap dan perilaku, rasa persaudaraan, wawasan, kepemimpinan. Dan kemandirian sebagai bekal generasi yang unggul.

“Raimuna daerah ini telah lama adik-adik nantikan hadirnya. Menyatukan adik- adik yang berasal dari daerah yang berbeda agar saling mengenal satu dengan lainnya. Selanjutnya Kegiatan ini memberikan kesempatan yang luas bagi adik-adik untuk menunjukkan kemampuan, keterampilan, seni dan budaya daerah dan keunggulan daerah asal kontingen masing-masing. Kesemuanya itu tentu menunjukkan betapa jambi ini kaya akan khasanah budaya, memiliki potensi-potensi yang luar biasa. Dan tentu pada saat kegiatan nasional nanti di harapkan agar dapat kita tampilkan, kita tunjukkan dan perkenalkan kepada kontingen lainnya,” jelasnya.

“Adik-adik patut bangga dan bersyukur, Jika Provinsi Jambi dengan potensi yang dimiliki ini diperhitungkan oleh kwartir nasional. Dalam berbagai penyelenggaraan kegiatan kepramukaan tingkat regional maupun nasional. Hal ini terbukti bahwa pada tahun 2023 ini, Provinsi Jambi kembali diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah perkemahan bakti saka kalpataru dan wanabakti tingkat regional sumatera yang akan di laksanakan Insyaallah pada bulan september 2023 ini. Tidak tertutup kemungkinan pada tahun 2024 mendatang, Jambi akan di tunjuk pula sebagai tuan rumah perkemahan saka kalpataru dan wanabakti tingkat nasional, Insyaallah,”

“Atas nama pemerintah Provinsi Jambi, saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan raimuna daerah Jambi Semoga adik-adik dapat memanfaatkan kesempatan selama kegiatan ini dengan optimal memperoleh pengalaman yang berharga, keterampilan dan kecakapan hidup serta bertambah jumlah saudara pramuka se-provinsi Jambi melalui kegiatan ini,” tambah Kamabida lagi.(*)