oleh

Bupati Sukandar: Budidaya Buah Hutan Untuk Anak Cucu Kita

TEBO, delikjambi.com — “Buah buahan hutan yang sudah langka perlu kita budidayakan supaya anak keturunan kita nanti dapat menikmatinya” ujar Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., dalam arahannya pada Kegiatan Penanaman Buah-buahan Hutan, Taman Komplek Perkantoran Seentak Galah Serengkuh Dayung, Jum’at (17/07/2020).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Organisasi Orang Rimbo Kito (Orik) bekerja sama dengan Pemerintah Tebo mengundang Tumenggung Ngadap yang berasal Dari Kelompok SAD di Lubuk Dalam, Sungkai Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir.

Bupati Sukandar mengatakan dengan adanya penanaman bibit buah-buahan hutan ini bisa ditularkan kepada masyarakat. Beliau mengharapkan instansi lainnya dapat mengikuti kegiatan hari ini di lingkungan sekitar.

“Saya berharap nantinya kegiatan hari ini bisa ditindaklanjuti dengan menjaga dan melestarikan serta nanti bisa dilakukan juga di setiap perkantoran instansi. Agar nanti masyarakat dan anak turunan kita bisa menikmati buah buahan hutan ini” ujarnya.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada Tumenggung Ngadap yang telah mempersembahkan bibit buah-buahan hutan yang dibawa dari lokasi Kelompok SAD di Muara Tabir yang masih terjaga keasrian dan kekhasannya.

Sementara itu, Kepada Orik yang telah memberikan kontribusi dengan mendaftarkan buah buahan hutan ini untuk diberikan labelisasi dan sertifikasi sebagai tanaman buah-buahan hutan. Hal tersebut merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.

Disamping itu, Bupati Sukandar juga menjelaskan bahwa bibit buah hutan tersebut juga telah dipesan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Batanghari. Bibit tersebut nantinya akan ditanaman di lingkungan perkantoran dan pendidikan.

Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se Dunia dan Siaga Karhutla. Diisi dengan penamaan bibit secara simbolis oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Tebo. Bibit buah tersebut seperti bibit buah tampuy, durian hutan, durian daun, rambutan hutan dan jenis buah hutan lainnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati, Syahlan SH., Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi MM., Tumenggung Ngadap dan Tumenggung Muda dari Tanah Garo Muara Tabir, Jajaran Forkopimda, Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Tebo, Organsiasi Kepemudaan dan Komunitas Pecinta Alam dan Lingkungan.

 

Reporter: Adhe

News Feed