oleh

Bupati Bungo Hadiri Tabligh Akbar Peringatan 1 Muharam 1442 H di Lubuk Landai

BUNGO, delikjambi.com — Bupati Bungo H Mashuri mengahadiri pergelaran Tabligh Akbar dalam rangka memperingati 1 Muharram 1442 Hijriyah bertempat di Masjid Baiturrahim Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo, Minggu (23/08/2020).


Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Bungo Mursidi, beberapa Kepala OPD, Camat Tanah Sepenggal Lintas dan Rio Dusun Lubuk Landai beserta perangkat Dusun.

Berdasarkan pantauan dilapangan, acara di buka dengan penampilan hadroh dari anak-anak pengajian Masjid Baiturrahim Dusun Lubuk Landai.

Dalam sambutannya Rio Dusun Lubuk Landai mengucapakan terimkasih kepada Bupati Bungo yang telah berkenan hadir dalam acara peringatan tahun baru islam 1442 Hiriyah. Selanjutnya, dirinya juga mengucapkan terimakasih atas perhatian dan perjuangan Bupati Bungo untuk Dusun Lubuk Landai, karenanyalah jalan yang sudah bertahun-tahun rusak saat sudah diaspal.

“Terimakasih Bupati Bungo H Mashuri, atas perhatian yang telah diberikan kepada masyarakat kami. Jalan beton yang telah dibangun di tengah-tengah Dusun Lubuk Landai sangatlah dirasakan manfaatnyanoleh masyarakat kami. Semoga kedepan Bupati beserta jajarannya dapat terus berjuang membangun Kabupaten Bungo yang sama-sama kita cintai ini,” ungkap Rio Dusun Lubuk Landai Anhari.

Sementara itu, Bupati Bungo H Mashuri dalam penyampaiannya mengajak seluruh masyarakat khusuusnya Lubuk Landai ini untuk sama-sama mengintrospeksi diri. Serta, selalu berusaha menajadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ditahun baru islam ini, ayo kita saatnya untuk menilai diri, bermuhasabah terutama kita sebagai masyarakat, kita termasuk orang beruntung atau yang merugi ditahun yang telah kita lewati. Mari kita sama-sama berbenah diri untuk jadi lebih baik,” harapnya.

H Mashuri mengajak kepada masyarakat untuk senantiasa mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Bungo, agar impian menjadi pusat perdagangan di wilayah Jambi Barat dapat terwujud.

“Selain itu, selain pembangunan infrastrutur, namun ada yang jauh lebih baik, yakni pendidikan, mental dan gaya hidup masyarakat, serta membangun sumber daya manusia. Terutama anak-anak, ayo sama-sama kita arahkan untuk mendalami nilai-nilai agama,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Mashuri berharap kepada Pemerintah Desa untuk membuat rumah Tahfiz agar anak-anak memiliki fasilitas dalam mendalami Alquran. “Pemerintah Kabupaten Bungo saag ini telah menganggarkan dalam angran APD untuk bantuan pendidikan islami, seperti Pondik pesantren, Madin, dan rumah tafiz. Dengan harapan anak-anak kita kedepan dapat bersaing di luar dengan modal pemahan akhlak islami yang baik,” Pungkasnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah yang disampaiakn oleh ustadz Hadi. Dalam ceramahnya Ia menyampaikan makna dari bulan Muharram, yang berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyararakat Mekkah.

Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik.

 

Reporter: Adhe

News Feed