Buka Rakernas APDESI, Gubernur Al Haris : Desa Garda Terdepan Pembangunan Bangsa

ADVETORIAL, JAMBI2126 Dilihat

Jambi, delikjambi.com – Gubernur Jambi, Al Haris membuka secara resmi Rakernas APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia)tahun 2023 yang di pusatkan di Gedung Balairung Universitas Jambi, Mendalo, Rabu (26/7/2023).

Rakernas yang di ikuti ribuan Kepala Desa beserta perangkatnya ini turut di hadiri para tamu kehormatan negara seperti Menteri Pertahanan dan Keamanan RI Prabowo Subianto. Kemudian ada Kementerian Dalam Negeri, tokoh nasional dan para penyelenggara Pemilu serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Al Haris menyampaikan pentingnya peranan desa dalam membangun Indonesia.

“Pimpinan desa yang berasal dari seluruh nusantara yang hadir hari ini, merupakan Garda terdepan dalam membangun Indonesia. Para Kepala Desa inilah yang langsung merasakan dan mendengarkan keluhan masyarakatnya di desa. Terima kasih bapak/ibu sekalian, saya sangat mengerti bagaimana keadaan di desa,” ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Rakernas Apdesi yang di laksanakan di Provinsi Jambi. Dan di harapkan para peserta yang hadir dapat melihat dan merasakan kehangatan dan keindahan Provinsi Jambi.

“Hari ini, Provinsi Jambi mendapatkan amanah dari Ketua APDESI sebagai tuan rumah Rakernas APDESI tahun 2023. Bagi saya amanah itu kita ambil, Jambi siap sebagai tuan rumah, jika kami kurang pas dan ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan pada forum yang mulia ini para Kades yang kami cintai sekalian bisa bersilaturahim di Jambi. Bertemu dan nanti juga ada hasil Rakernas yang merupakan rekomendasi-rekomendasi penting untuk perbaikan-perbaikan di negara yang kita cintai ini,” ungkap Gubernur Al Haris.

Apdesi Sebagai Langkah Membangun Indonesia dengan Perkuat Desa

Gubernur Al Haris menyatakan bahwa dalam kegiatan ini akan di bangun persepsi bagaimana membangun Indonesia dengan memperkuat desa.

Baca Juga  Ratusan ASN Kanwil Kemenang Provinsi Jambi Ikuti Test CAT Profesionalisme dan Moderasi Beragama

“Sepanjang Rakernas ini kita bersama membangun persepsi dan tema kita adalah Desa Kuat untuk Indonesia yang Menjaga Bangsa. Temanya kita buat begitu, pertama kita akan menghadapi Pemilu 2024, tugas Kepala Desa itu berat. Mereka mesti menjamin bagaimana kondusifitas daerahnya masing-masing, dan kita harus berhasil ketika pemerintah memutuskan Pemilu serentak. Maka pilihan kita adalah Kepala Desa mengamankan agar daerahnya aman, damai dan kondusif. Sehingga pemilihan Presiden, legislatif dan semuanya berlangsung dengan baik sampai nanti pemilihan Gubernur dan Walikota serta Bupati,” tutur Al Haris.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut juga menegaskan bahwa peran penting ini di emban oleh Kepala Desa yang merupakan garda terdepan.

“Hal ini artinya adalah Kepala Desa sebagai Garda terdepan bagaimana membangun bangsa. Saya tahu semua kondisi desa hari ini, itulah perjuangan bangsa. Apa yang bapak/ibu perjuangkan untuk desanya, dan kita berjuang Istiqomah sebagai pemimpin inilah yang Allah catat. Karena beribadah membangun warga desanya menjadi sejahtera,” pungkas Gubernur Al Haris