Bersama 10 Negara Anggota, Gubernur Al Haris Hadiri Pertemuan Tahunan ASCN di Bali

ADVETORIAL, DAERAH, JAMBI3547 Dilihat

Bali, delikjambi.com – Gubernur Al Haris menghadiri pertemuan tahunan, Asean Smart Cities Network (ASCN). Ke-6 tahun 2023 di Jembrana Bali, (12/075432/2023).

Pertemuan Tahunan ASCN ini, di buka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. Serta di hadiri oleh seluruh negara anggota Asean, dan negara peninjau. Seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika, dan Uni Eropa. Serta seluruh Kepala Daerah di Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil). Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA mengatakan. Di Indonesia terdapat beberapa daerah, yang telah menjadi percontohan dalam ajang ASCN. Daerah tersebut yakni DKI Jakarta, Kota Makassar, dan Kabupaten Banyuwangi. Dirinya menambahkan, inti pembangunan perkotaan cerdas di Indonesia, tidak melulu berorientasi pada pemutakhiran teknologi dan digitalisasi. Melainkan hal itu menyasar pada penerapan pengelolaan perkotaan yang berfokus, pada peningkatan kemampuan pemerintah untuk dapat memahami persoalan masyarakat. Memberikan solusi, serta kemudahan.

“Pembangunan perkotaan cerdas juga tidak harus mencontoh daerah/negara lain, karena setiap wilayah mempunyai tantangan dan karakteristik yang berbeda. Pemanfaatan digitalisasi bersifat sebagai supporting system dan pendorong, untuk mempercepat langkah-langkah yang harus di ambil oleh pemerintah. Di mana pandemi Covid-19 telah memberikan, pengalaman berharga betapa pentingnya transformasi digital,” tambah Safrizal.