Luar Biasa! Provinsi jambi Sukses Redam Inflasi Jadi Terendah di Seluruh Indonesia

ADVETORIAL, DAERAH, JAMBI3594 Dilihat

Jambi, delikjambi.com – Inflasi Provinsi Jambi terendah se-Indonesia. Indeks harga konsumen (IHK) gabungan Kota Jambi dan Bungo pada Juni 2023 tercatat inflasi sebesar 1,96 persen.

Angka di maksud, berada di bawah angka inflasi nasional. Yang tercatat sebesar 4,00 persen, dan Jambi menempati posisi angka inflasi terendah secara nasional.

Ini terungkap pada rapat pengendalian inflasi 2023 yang di pimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. Dalam rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2023 via Zoom, Selasa (04/07/2023).

Rapat pengendalian inflasi ini juga di ikuti langsung Gubernur Jambi, Al Haris bersama TPID Provinsi Jambi, via zoom dari rumah Gubernur Jambi.

Gubernur Jambi Al Haris sangat bersyukur Provinsi Jambi, dapat mengendalikan inflasi dan sangat mengapresiasi, tim satgas pengendali inflasi.

Al Haris berharap angka inflasi Jambi tren nya baik dan terus memantau tata niaga, ia optimis inflasi tetap terkendali dengan kinerja satgas pengendali inflasi.

“Alhamdulillah dari rapat itu Jambi cukup baik, secara umum Jambi cukup aman, kita lihat Jambi terendah inflasi di Indonesia untuk Minggu ini. Insya Allah kita berharap trennya cukup baik, tim pangan satgas ini bekerja luar biasa. Daerah yang kita anggap ada potensi ini kita intervensi betul, satgas tolong pantau betul tata niaganya. Kita optimis dengan kinerja tim satgas,” kata Al Haris.

Jika melihat kondisi pada Juni 2022, tercatat inflasi gabungan kota di Provinsi Jambi sebesar 1,53 persen (mtm). 5,62 persen (ytd) dan 7,01 persen (yoy). Atau laju IHK tersebut, terpantau lebih tinggi di bandingkan capaian inflasi nasional, yang mengalami inflasi 0,61 persen (mtm) 3,19 persen (ytd) dan 4,35 persen.