BUNGODAERAHHUKUM DAN KRIMINALINFORMASIPARIWISATA

Kabel Tembaga Gardu PLN dicuri, Listrik Puluhan Rumah Pelanggan di Bungo Padam

PLN Berharap Partisipasi Masyarakat Pelanggan Untuk Bersama-sama Menjaga Aset PLN

BUNGO, delikjambi.com – Puluhan rumah warga yang berada di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo terpaksa harus mengalami padamnya listrik, Jumat (21/02/2020), pasalnya kabel utama yang berada di gardu aliran sekitar sudah tidak utuh lagi alis telah dicuri.

Hal ini diungkapkan oleh Manajer PLN UP3 Muara Bungo Ridwan Adam melalui Manager ULP Kota Bungo, Akbar Manadona. Kepada delikjambi.com Ia membenarkan bahwa gardu listrik milik PLN yang ada di Jl. Pangeran Diponegoro, Kelurahan Pasir Putih, tepatnya di kantor Dinas Peternakan Kabupaten Bungo telah dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab, pada Jumat (21/02/2020) dini hari.

“Benar, setelah kami mendapatkan laporan dari masyarakat jika listrik padam, kami langsung melakukan pengecekan ke lapangan, ternyata setelah di lakukan pengecekan, ditemukan bahwa kondisi gardu sudah tak utuh lagi, kabel-kabel diputus dan hilang di bawa pencuri. Saat ini kami coba gali bukti-bukti, lalu kami akan melaporkan kejadian ini kepihak yang berwajib dalam hal ini Polres Bungo,” Ujar Akbar.

“Selanjutnya, setelah mendapat laporan padamnga listrik di puluhan rumah, kami juga langsung melakukan gerak cepat untuk mengalihkan arus ke travo lain demi kenyamanan masyarakat pelanggan,” tambahnya.

Dikatakan Akbar, sebelumnya juga telah terjadi kejadian serupa, dimana pencuri berhasil membongkar dan mengambil kabel tembaga di gardu PLN yang berada di Dusun Sarana Jaya, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo.

“Ini bukan kejadian pertama, minggu lalu kejadian ini juga di Gardu yang berada di Dusun Sarana Jaya dan terhitung dalam dua bulan terakhir telah terjadi 7 kali kejadian serupa dengan titik atau lokasi berbeda. Ini kejadian serius, kami pasti akan laporkan masalah ini ke pihak yang berwajib. Saat ini kami masih mempelajari motif para pencuri kabel tembaga di gardu milik PLN ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Manager Muda ini berharap kepada masyarakat pelanggan untuk senantiasa berpastisipasi, untuk menjaga aset PLN. Karena jika terjadi hal tentunya kan berdampak kepada Masyarakat pelanggan itu sendiri.

“Kami sangat mengharapkan peran aktif dari masyarakat pelanggan PLN, untuk berpartisipasi menjaga aset PLN. Sebagai contoh jika terjadinya padamnya listrik, segera melaporkan ke kantor atau pos PLN terdekat atau hubungi Call Center 123. Selanjutnya jika terjadinya padam listrik, diharapkan untuk mengecek ke gardu terdekat, apakah ada kejanggalan atau malah bisa mencegah para pencuri kabel gardu beraksi,” harapnya.

 

 

Reporter: Adhe

Facebook Comments
Show More

Related Articles