Tantangan Guru di Era Digital

ARTIKEL, EDUKASI1658 Dilihat

Kemajuan teknologi telah memberikan dampak besar pada dunia Pendidikan. Kemajuan teknologi dunia pendidikan yang begitu pesat menawarkan berbagai kemudahan baru dalam pembelajaran sehingga dengan adanya teknologi memudahkan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkannya. Pembelajaran dengan teknologi bagi guru dan siswa telah menjadi tren yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi memberikan berbagai peluang bagi siswa untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka dan mengakses sumber daya yang luas. Beberapa bentuk media pembelajaran yang populer dan banyak digunakan saat ini antara lain: E-learning, Video pembelajaran, Podcast, Simulasi dan permainan interaktif, Media social, Aplikasi pembelajaran dan lain sebagainya.

Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, penggunaan media pembelajaran yang tepat dan efektif dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, personalisasi, dan keterhubungan antara guru dan siswa. Namun, penting juga untuk tetap mempertimbangkan pentingnya interaksi langsung antara guru dan siswa serta memastikan bahwa media pembelajaran digunakan sebagai alat pendukung yang sesuai dengan tujuan dan konteks pembelajaran.

Nah, apa saja manfaat media pembelajaran bagi guru dan siswa? Dengan menggunakan berbagai jenis media, guru dapat meningkatkan variasi dalam pengajaran mereka, membuat pembelajaran lebih menarik dan menarik perhatian siswa. Media pembelajaran dapat memperkaya materi pelajaran dengan gambar, video, animasi, dan elemen multimedia lainnya. Hal ini membantu menghidupkan pelajaran dan membuatnya lebih menarik bagi siswa. Guru juga dapat menggunakan media untuk menyampaikan informasi dengan cara yang lebih memikat dan mempertahankan perhatian siswa. Membantu siswa memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik. Media pembelajaran juga dapat memberikan ilustrasi nyata atau studi kasus yang membantu siswa menerapkan konsep yang dipelajari ke dalam konteks dunia nyata. Media pembelajaran dapat membantu guru mengorganisir dan menyajikan informasi dengan lebih terstruktur. Guru dapat menggunakan presentasi slide, video pendek, atau perangkat lunak khusus untuk mengelola dan mengatur konten pembelajaran. Hal ini membantu guru menjadi lebih efisien dalam menyampaikan materi pelajaran dan mengoptimalkan waktu pembelajaran.

Secara keseluruhan, penggunaan media pembelajaran memberikan manfaat yang signifikan bagi guru dan siswa. Hal ini meningkatkan kualitas pengajaran, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik, dan membantu siswa menjadi lebih terlibat dan termotivasi dalam proses pembelajaran.

Meskipun media pembelajaran memiliki potensi besar dalam mendukung proses pembelajaran, lantas apa saja masalah yang mungkin dihadapi oleh guru? Keterbatasan akses dan infrastruktur: Tidak semua sekolah atau wilayah memiliki akses yang memadai terhadap teknologi dan koneksi internet yang stabil. Keterbatasan ini dapat menghambat guru dalam mengimplementasikan media pembelajaran yang bergantung pada teknologi, seperti e-learning atau video pembelajaran. Selain itu, peralatan dan infrastruktur yang diperlukan untuk menggunakan media pembelajaran mungkin tidak tersedia atau terbatas. Kurangnya pelatihan dan pemahaman: Guru mungkin tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang cara efektif menggunakan media pembelajaran. Mereka mungkin tidak terbiasa dengan alat-alat teknologi yang baru atau tidak memiliki pelatihan yang memadai dalam mengintegrasikan media pembelajaran ke dalam pembelajaran sehari-hari. Terkadang, guru kesulitan menemukan materi yang tepat dan berkualitas tinggi yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan siswa mereka. Terlalu bergantung pada media pembelajaran juga dapat menjadi masalah. Meskipun media pembelajaran memiliki banyak manfaatnya, tetapi interaksi langsung antara guru dan siswa tetap penting dalam pembelajaran. Ketergantungan yang berlebihan pada media pembelajaran dapat mengabaikan aspek penting lainnya dalam proses pendidikan, seperti pembangunan hubungan interpersonal, pengembangan keterampilan sosial, dan pemecahan masalah langsung.

Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi guru untuk mendapatkan pelatihan yang memadai dalam menggunakan media pembelajaran, mendapatkan akses yang memadai terhadap teknologi dan konten berkualitas, serta mengembangkan keterampilan untuk mengintegrasikan media pembelajaran dengan metode pengajaran yang efektif. Selain itu, dukungan dari pihak sekolah, kolega, dan pemerintah juga penting untuk memfasilitasi penggunaan media pembelajaran yang optimal dalam proses pembelajaran.

Penulis:

YANDRI

SMPN 7 Tanah Sepenggal

Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan UNDHARI