oleh

Pohon Tumbang Sebabkan Jaringan Terganggu, PLN Gerak Cepat Lakukan Pemulihan

BUNGO, delikjambi.com — Hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Bungo dan sekitarnya Kamis malam (15/07/2022), mengakibatkan banyak pohon tumbang dan berdampak pada kerusakan jaringan PLN. Seperti yang terjadi di wilayah Dusun Sungai Mengkuang, tepatnya bersebelahan dengan SPBU Jalinsum Kilometer 9 Bungo-Bangko.

Berdasarkan pantauan dilapangan, pohon yang berukuran besar tumbang dan menimpa jaringan PLN dan 1 tiang PLN roboh tertimpa.

Mengetahui atas kejadian tersebut, PLN bergerak cepat segera melakukan pemulihan dan  perbaikan di lokasi. Manager ULP PLN Kota Bungo Al amin p.p ma’ruf, melalui SPV Teknik PLN ULB Kota Bungo Elko gushutri saputra membenarkan atas kejadian tersebut. Ia mengatakan hujan disertai angin kencang yang terjadi mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa jaringan PLN didekatnya.

“Benar pak, setelah mengetahui kejadian tersebut kami langsung menurunkan puluhan personil dan 1 buah crane PLn untuk penanganan pohon tumbang yang menimpa kabel Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM).” Ungkap Manager ULP PLN Kota Bungo melalui SPV Teknik Elko Gushutri Saputra.

Dikatakan Elko, hingga saat ini, personil masih melakukan penormalan dititik lokasi. Ia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan.

“Mohon maaf kepada seluruh pelanggan terdampak. Untuk progress hingga siang ini masih dilakukan, adapun lokasi padam akibat kejadi ini diantaranya, Dusun Benit, Senamat, Perumnas, Perumahan Sungai Buluh, Dusun Sungai Mengkuang, Sijau, Dusun Tirta Sari, Dusun Bukit Telago, Dusun Balai Jaya, Dusun Padang Lalang, Dusun Rantau Keloyang, Dusun Rantel, Kecamatan Pelepat dan sekitarnya,” beber Elko.

Proses penormalan di lokasi ini memakan waktu cukup lama dikarenakan kerusakan jaringam yang cukup parah. Elko berharap masyarakat untuk lebih bersabar dan juga mohon doa agar proses perbaikan berjalan aman dan lancar. Tak hanya itu, Elko juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap berhati hati dan waspada, terutama ketika memasuki daerah yang rawan dengan potensi pohon tumbang.

Maman juga mohon partisipasi dari masyarakat apabila mengetahui adanya jaringan listrik PLN yang dalam kondisi membahayakan. “Saya sangat mengaharapkan partisipasi juga dari seluruh masyarakat untuk segera melaporkan jika mengetahui kondisi jaringan yang sekiranga berpotensi bahaya,” pungkasnya.

Reporter: Adhe