oleh

Pemkab Merangin Gelar Sosialisasi FPK

-BUNGO-168 views

Bangko, delikjambi.com — Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Merangin, menggelar sosialisasi Forum Pembaharuan Kebangsaan (FPK), Selasa (14/12).

Acara yang dibuka Bupati Merangin H Mashuri melalui Sekda Fajarman itu, dihadiri para pengurus FPK Kabupaten Merangin dan diikuti para Sekcam dan para Kasi Pemerintahan dari 24 kecamatan dalam Kabupaten Merangin.

Dikatakan Sekda pada acara yang berlangsung khidmat di Aula Kesbangpol  Merangin tersebut, FPK akan berperan dalam rangka adaptasi budaya baru di era pandemic Covid-19 menuju Merangin Mantap 2023.

‘’Sosialisasi ini sekaligus untuk menyegarkan kembali pemahaman masyarakat Indonesia secara luas tentang wawasan nusantara di tengah suasana perubahan sosial yang mendasar saat ini,’’ujar Sekda.

Kepala Badan Kesbagpol Merangin Mulyono menambahkan, tujuan digelarnya sosialisasi tersebut, untuk membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan di kalangan masyarakat bangsa Indonesia pada pandemic Covid-19.

‘’Ini demi mendorong terwujudnya kehidupan baru yang harmonis dengan menciptakan suasana keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”ujar Mulyono.

Terkait dengan internalisasi norma-norma budaya baru lanjut mantan Kabag Pemerintahan Setda Merangin ini, Pemerintah sudah banyak melakukan himbauan dan kampanye untuk perubahan perilaku menjalankan protokol kesehatan.

Diakui Mulyono hal itu tidak cukup, karena kebudayaan itu ada dua krakteristik, tidak mudah berubah dan dapat dikonstruksikan. Pandemi Covid-19 harus menginternalisasi nilai budaya baru, tapi tidak cukup dengan himbauan saja.

‘’Media sosial sudah menayangkan protokol kesehatan dan sudah cukup gencar, tetapi menginternalisasikan mengubah perilaku ada pranata budaya, peraturan baru, gajaran dan sanksi oleh masyarakat sendiri itu yang diperlukan,’’jelas Mulyono.

News Feed