oleh

Bupati Bungo Jadi Irup Hardiknas 2019, Ini Yang Disampaikan

BUNGO, DELIKJAMBI.COM – Kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Pendidikan yang kuat harus didasari dengan kebudayaan yang maju, disertai niat yang ikhlas dan usaha yang keras.

Hal ini diungkapkan Bupati Bungo, H. Mashuri, SP., ME saat membacakan sambutan Mendikbud RI tadi pagi, Kamis (02/05/2019). Dalam upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 dilapangan upacara kantor Bupati Bungo, merujuk amanat UU Sistem pendidikan nasional tahun 2003, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945, sedangkan kebudayaan merupakan akar dari pendidikan nasional.

“Kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun dunia pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional,” papar Bupati.

Kebudayaan yang maju diyakini akan membuat pendidikan kuat. Begitu pula sebaliknya. Sehingga dalam memperingati Hardiknas 2019 ini, hendaknya merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan, sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan. Karenanya, dibutuhkan usaha keras untuk memperluas akses pendidikan yang berkualitas. Disisi lain, upaya menggali kebudayaan nasional, melestarikan, dan mengembangkannya perlu terus dilakukan demi terwujudnya Indonesia sebagai negara adikuasa di bidang kebudayaan.

“Oleh karena itulah pada hari pendidikan tahun 2019 ini, saya mengajak kita semua menyatukan tekad untuk menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan nasional, dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras,” tambah Bupati.

Titik temu antara pendidikan dan kebudayaan ini makin menegaskan jika kebudayaan nasional menghujam kuat dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pula bangunan pendidikan nasional Indonesia.

Upacara berlangsung khidmat, diikuti unsur Forkopimda, kepala OPD dilingkup Pemkab Bungo, ASN, mahasiswa, para guru dan pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Bungo.

Rep: Dhe

News Feed